TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Solo

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) FKIP Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mendorong guru memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi 

WARTAJOGLO, Solo - Di era digital yang terus berkembang, kemampuan untuk merancang bahan ajar yang efektif dan relevan menjadi sangat penting, terutama yang mendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills atau HOTS) di kalangan siswa. 

Memahami kebutuhan ini, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) FKIP Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema, "Knowledge Sharing Bersama Pengurus MGMP Bahasa Inggris Kota Surakarta: Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru."

Kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat, 23 Agustus 2024, bekerja sama dengan pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMK Kota Solo. 

Acara tersebut diisi dengan presentasi dan diskusi interaktif mengenai strategi dan teknik pengembangan bahan ajar digital berbasis HOTS. 

Dr. Imroatul Mafiah, ketua tim pengabdian, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong pertukaran pengalaman praktis antara dosen dan guru, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran. 

"Melalui kegiatan sharing ini diharapkan Tim PKM dan para guru dapat saling bertukar pengalaman praktis dan dapat lebih mampu memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran," ujarnya dalam siaran pers.

Ia juga menambahkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan melalui pendekatan ini diharapkan tidak hanya lebih menarik dan memotivasi siswa, tetapi juga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. 

"Sehingga bahan ajar tidak hanya lebih menarik dan memotivasi, akan tetapi juga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris," jelas Imroatul.

Kolaborasi antara Prodi PBI FKIP Unisri dan MGMP Bahasa Inggris SMK Kota Surakarta ini diharapkan dapat terus berlanjut, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan bahasa Inggris, khususnya di Kota Surakarta. 

Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam mengintegrasikan teknologi digital dengan pedagogi untuk menciptakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan abad ke-21.

Melalui kegiatan pengabdian seperti ini, para pendidik tidak hanya dibekali dengan keterampilan teknis untuk mengembangkan bahan ajar digital, tetapi juga diingatkan akan pentingnya inovasi dalam pendidikan guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa. 

Diharapkan, inisiatif ini dapat menjadi model bagi lembaga pendidikan lainnya untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. //Ril

Type above and press Enter to search.