TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Sinergi Road to SYEKATEN, Dorong Perluasan Produk Halal di Solo Raya Melalui Roadshow #Kitahalalin

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Dwiyanto Cahyo Sumirat menyerahkan sertifikat halal kepada para pelaku UMKM

WARTAJOGLO, Sukoharjo - Dalam rangkaian acara Road to SYEKATEN, Bank Indonesia Solo bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Pemerintah Kota Surakarta, dan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. 

Kerja sama ini diwujudkan dalam kegiatan Roadshow #Kitahalalin yang bertempat di Aula Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Sukoharjo, pada Kamis 22 Agustus 2024.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 1.000 pelaku usaha mikro dari wilayah Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo.

Melalui sinergi dan kolaborasi antar lembaga, diharapkan ekosistem produk halal di wilayah Solo Raya dapat semakin cepat terbentuk. 

Upaya ini diharapkan mampu mengakselerasi perluasan produk halal di wilayah Solo Raya, khususnya dalam mendukung pariwisata ramah muslim yang berdampak positif pada peningkatan perekonomian daerah.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Walikota Surakarta, Teguh Prakosa, yang juga secara simbolis menyerahkan sertifikat halal kepada sepuluh perwakilan pelaku usaha mikro dari Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Dwiyanto Cahyo Sumirat menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi yang erat dalam memperkuat industri halal di Indonesia. 

"Sertifikasi halal self declare adalah sistem sertifikasi halal yang dibuat untuk pelaku usaha mikro dan kecil (UMK). Saya mengapresiasi 1.000 UMKM di Solo dan Sukoharjo yang hari ini telah memiliki sertifikasi halal," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Surakarta menekankan pentingnya perluasan sertifikasi halal untuk mendukung akselerasi ekonomi daerah melalui penguatan pariwisata ramah muslim.

Selain fokus pada sertifikasi halal, kegiatan ini juga melibatkan edukasi tentang pentingnya cinta, bangga, dan paham Rupiah. 

Bank Indonesia memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha mengenai ciri-ciri keaslian uang Rupiah yang digunakan sehari-hari. 

Mengingat uang Rupiah memuat simbol negara dan nilai kepahlawanan, menjaga keaslian dan kehormatan Rupiah menjadi hal yang sangat penting.

BPJPH turut memberikan edukasi kepada pelaku usaha mengenai komitmen untuk menjamin kehalalan produk mereka. 

Gelaran Roadshow #Kitahalalin2024 diharapkan dapat mempercepat terbentuknya ekosistem produk halal di Solo Raya, yang tidak hanya mendukung pengembangan industri halal, tetapi juga memperkuat sektor pariwisata ramah muslim. 

Sinergi ini diharapkan mampu membawa dampak positif bagi peningkatan perekonomian daerah, seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat serta pelaku usaha mengenai pentingnya produk halal.

Dengan berbagai program dan kegiatan yang telah dilakukan, diharapkan langkah ini dapat menjadi tonggak penting dalam penguatan ekonomi lokal dan promosi produk halal yang berkualitas.

Sehingga Solo Raya dapat menjadi pusat perkembangan produk halal yang mendukung pariwisata ramah muslim di Indonesia. //Kls

Type above and press Enter to search.