TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Jadi Tuan Rumah PEPARNAS XVII Tahun 2024, Solo Siapkan 17 Venue Berstandar Internasional

Panitia menunjukkan 17 venue yang dipakai dalam PEPARNAS 2024 di Solo

WARTAJOGLO, Salo - Kota Solo akan menjadi tuan rumah Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Tahun 2024 yang akan diselenggarakan pada 6-13 Oktober 2024. 

Event bergengsi ini akan mempertandingkan 20 cabang olahraga (cabor), dan diperkirakan akan menarik partisipasi sebanyak 4.625 atlet dari 34 provinsi di Indonesia.

Prosesi upacara pembukaan PEPARNAS XVII Solo 2024 akan berlangsung pada 6 Oktober 2024 di Stadion Manahan. Sedangkan upacara penutupannya dijadwalkan pada 13 Oktober 2024 di tempat yang sama. 

Stadion Manahan dipilih sebagai lokasi utama untuk menampung para atlet, pelatih, dan penonton dalam jumlah besar.

Ketua Pelaksana PB PEPARNAS XVII, DB Susanto, mengungkapkan bahwa Panitia Besar (PB) PEPARNAS XVII Solo 2024 telah menyiapkan 17 venue untuk menyukseskan ajang olahraga disabilitas tingkat nasional ini. 

Venue-venue tersebut tersebar di empat wilayah, yaitu Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Karanganyar.

"Kota Solo pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022, sehingga venue yang ada masih layak digunakan, meskipun ada beberapa yang memerlukan perbaikan kecil," kata DB Susanto kepada awak media pada Kamis 8 Agustus 2024. 

Persiapan ini termasuk koordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk memastikan transportasi yang ramah bagi atlet disabilitas.

National Paralympic Committee (NPC) Indonesia sebagai penyelenggara memastikan kelancaran pelaksanaan dan persiapan pasca event.

Wakil Sekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto, menekankan bahwa pemilihan 20 cabor ini mengacu pada cabang yang juga akan dipertandingkan di ASEAN Para Games Thailand 2026. 

"Kami ingin mempertahankan gelar juara di tingkat Asia Tenggara," ungkapnya.

Adapun 20 cabang olahraga yang dipertandingkan adalah tenis kursi roda, basket kursi roda, para e-sport, para bulu tangkis, para catur, para renang, voli duduk, anggar kursi roda, para tenis meja, para panahan, judo tunanetra, para menembak, para angkat berat, para atletik, para balap sepeda, boccia, para taekwondo, tenpin bowling, sepak bola CP, dan goalball. 

Dari 20 cabor ini, dua di antaranya adalah eksibisi, yaitu basket kursi roda dan e-sport.

PEPARNAS XVII juga dijadikan ajang pemanasan sekaligus penjaringan atlet baru yang berpotensi mencapai prestasi lebih tinggi. 

"Selain sukses penyelenggaraan, kami juga ingin memberdayakan ekonomi Kota Solo dan sekitarnya, serta regenerasi atlet muda di berbagai cabor," harap Rima Ferdianto  

Dengan persiapan yang matang dan antusiasme tinggi, PEPARNAS XVII Solo 2024 diharapkan dapat berlangsung sukses dan memberikan dampak positif bagi perkembangan olahraga disabilitas di Indonesia. //Bang

Type above and press Enter to search.