TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Dukung Gusti Bhre jadi Wali Kota, Warga Solo Gelar Kirab Kebangsaan

Gusti Bhre melambaikan tangan menyapa warga yang mengikuti kirab kebangsaan

WARTAJOGLO, Solo - Sebagai wujud aspirasi dan dukungan kepada KGPAA Mangkunagoro X, atau yang akrab disapa Gusti Bhre, untuk menjadi calon Wali Kota Surakarta, warga Kota Solo menggelar Kirab Kebangsaan pada Minggu, 25 Agustus 2024. 

Kirab ini melibatkan ribuan pegiat kebudayaan dan komunitas kesenian dari masyarakat Surakarta yang melakukan pawai dari Taman Sriwedari menuju Ngarsopuro.

Tokoh muda sekaligus inisiator acara Kirab, Stefanus Gusma, menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk melestarikan budaya dan menyuarakan aspirasi dukungan, tetapi juga memiliki dimensi politik, budaya, dan ekonomi. 

"Kegiatan Kirab Kebangsaan ini adalah upaya untuk memperkuat identitas lokal, membangun solidaritas masyarakat, dan meningkatkan partisipasi politik," ujarnya.

Gusma menjelaskan bahwa dukungan terhadap Gusti Bhre diberikan karena ia dianggap sebagai sosok muda yang kreatif, bijaksana, dan dekat dengan masyarakat. 

Menurutnya, Surakarta membutuhkan ide-ide segar yang bisa dibawa oleh Gusti Bhre. 

"Gusti Bhre adalah sosok yang pantas untuk melanjutkan pembangunan di Kota Surakarta, yang tidak hanya melibatkan pembangunan fisik seperti infrastruktur, tetapi juga non-fisik seperti pengembangan sumber daya manusia (SDM)," tambah Gusma.

Lebih lanjut, Gusma menekankan bahwa tujuan dari Kirab Kebangsaan ini adalah untuk memperkuat identitas dan solidaritas lokal sekaligus membangun citra dan legitimasi politik dengan mendengarkan harapan rakyat. 

"Kita ingin Kota Solo lebih maju dan berbudaya. Sosok yang pantas untuk melanjutkan pembangunan itu adalah Gusti Bhre, seorang pemuda yang kreatif, inklusif, dan humanis tanpa memandang suku, agama, ras, dan budaya," jelasnya.

Dalam acara kirab tersebut, Gusti Bhre keluar dari Puro Mangkunegaran dan menyapa warga, yang memperlihatkan dirinya sebagai pemimpin yang rendah hati dan dekat dengan rakyat. 

Ribuan warga yang memadati Jalan Diponegoro tampak antusias untuk dapat berfoto bersama dengan Gusti Bhre, yang terlihat menikmati suguhan acara bernuansa budaya ini.

"Terima kasih atas doa dan dukungan seluruh Warga Solo. Mari kita menjaga dan melestarikan budaya kita bersama," tuturnya.

Kirab Kebangsaan ini tidak hanya menjadi ajang perayaan budaya, tetapi juga sebagai momentum politik yang menegaskan dukungan masyarakat kepada Gusti Bhre dalam kontestasi pemilihan Wali Kota Surakarta yang akan datang. //Bang

Type above and press Enter to search.