TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Unisri Kolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Boyolali untuk Meningkatkan UMKM Pangan Lokal

Tim Peneliti Unisri berfoto bersama dengan para pelaku UMKM Boyolali yang mengikuti pelatihan

WARTAJOGLO, Boyolali - Tim Penelitian dan Pengabdian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Boyolali untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian di Kabupaten Boyolali. 

Tim yang diketuai oleh Dr. Aris Eddy Sarwono, dengan anggota Yannie Asrie Widanti, Sinta Putriana, dan Nike Larasati, melaksanakan serangkaian kegiatan yang melibatkan pelatihan, pendataan, analisis, dan pendampingan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memperkuat ketahanan pangan dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pangan lokal di Kabupaten Boyolali.

Kegiatan yang dimulai pada 9 Juli 2024 ini mencakup beberapa aspek penting untuk mendukung UMKM di Boyolali.

Di antaranya pelatihan pembukuan, pelatihan digital marketing, pengumpulan data terkait karaktersitik UMKM pangan lokal di Kabupaten Boyolali, analisis kelayakan usaha, analisis nilai gizi, dan dilanjutkan dengan pendampingan. 

"Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu yang cukup panjang, dimulai dari 9 Juli 2024 dengan pelatihan dan pendataan, dilanjutkan pendampingan selama kurang lebih tiga bulan dan evaluasi di akhir kegiatan," kata Aris Eddy Sarwono dalam siaran pers, pada Jumat 26 Juli 2024. 

Aris Eddy Sarwono menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produksi dan kualitas olahan pangan lokal, serta memperkuat manajemen keuangan dan pemasaran UMKM. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan UMKM pangan lokal, baik dari segi produksi maupun pemasaran," ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Boyolali, Bambang Jiyanto, menyambut baik inisiatif ini dan menyatakan bahwa kegiatan ini telah diselaraskan dengan program-program yang telah direncanakan oleh dinas. 

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan berkelanjutan guna memastikan perkembangan usaha UMKM pangan lokal di Boyolali," kata Bambang.

Kolaborasi antara Dinas Ketahanan Pangan Boyolali dan Universitas Slamet Riyadi ini diharapkan dapat membawa perubahan signifikan bagi UMKM pangan lokal di Boyolali. 

Dengan pelatihan dan pendampingan yang tepat, UMKM di Boyolali diharapkan dapat lebih kompetitif dan berkelanjutan, mendukung peningkatan ekonomi lokal dan ketahanan pangan di daerah tersebut. //Bang

Type above and press Enter to search.