TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Tim PKM BK Unisri Sosialisasi dan Pelatihan Keterampilan untuk Guru KB-TK MTA Jebres

Tim PKM BK Unisri Sosialisasi dan Pelatihan Keterampilan BK MBKM untuk Guru KB-TK MTA Jebres

WARTAJOGLO, Solo - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan keterampilan bimbingan dan konseling Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk anak-anak Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK). Kegiatan ini ditujukan kepada para guru KB-TK MTA Jebres Kota Solo.

Tim PKM ini diketuai oleh Prof. Dr. Hera Heru Sri Suryanti, dengan anggota Linda Dwi Sholikhah, M.Pd., dan mahasiswa Yumnaa Khoirunnisa. 

Menurut Prof. Hera Heru, sosialisasi dan pelatihan ini sangat penting karena masih banyak guru KB-TK yang minim pengetahuan dan keterampilan dalam bimbingan dan konseling MBKM untuk anak-anak KB-TK. 

Hal ini menjadi semakin penting karena banyak anak KB-TK yang sudah memiliki masalah yang perlu segera diatasi, agar tidak mengganggu perkembangan mereka.

"Selama ini para guru masih terbebani dengan Kurikulum MBKM sehingga kurang waktu untuk mendampingi secara khusus anak-anak yang memiliki masalah. Padahal, setiap anak pasti memiliki masalah, baik itu masalah pribadi, sosial, belajar, maupun karir," ujar Prof. Hera Heru.

Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini, diharapkan para guru KB-TK dapat menguasai teori dan terampil dalam mempraktikkan bimbingan dan konseling MBKM untuk membantu anak-anak mengatasi masalah mereka. 

"Anak-anak dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki akan bisa tumbuh dan berkembang secara wajar dan optimal apabila masalah yang dimiliki bisa diatasi," tambah Prof. Hera.

Kepala KB-TK MTA Jebres Solo, Farida Tri Astuti, mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini. 

"Mengingat manfaatnya, saya berharap kegiatan lanjutan bisa dilaksanakan di tingkat Rayon," kata Farida.

Kegiatan PKM yang diselenggarakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 4, 5, dan 6 Juni 2024 ini berjalan lancar dan sukses mencapai tujuan. 

Para guru KB-TK sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini dengan berpartisipasi aktif dalam sesi tanya jawab dan latihan yang diberikan.

Dengan suksesnya kegiatan ini, diharapkan pengetahuan dan keterampilan para guru KB-TK dalam bidang bimbingan dan konseling MBKM dapat terus berkembang, sehingga mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan anak-anak di usia dini. //Hum

Type above and press Enter to search.