TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Pimpin Apel Besar PKS dan Launching Jateng Zero Bullying, Kapolres Wonogiri Sampaikan Pesan Ini

Kapolres Wonogiri menyalami anggota PKS usai penyematan pin dalam apel besar Patroli Keamanan Sekolah 


WARTAJOGLO, Wonogiri – Apel Besar Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan Launching Program Jateng Zero Bullying digelar di Lapangan SMKN 2 Wonogiri, Rabu 24 Juli 2024. 

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo, memimpin apel yang mengangkat tema “Mari Bergerak Ciptakan Lingkungan Yang Aman, Nyaman dan Menyenangkan Bagi Pelajar” tersebut. 

Sekitar 300 siswa dan siswi dari SMA dan SMK di Kabupaten Wonogiri, didampingi oleh guru-guru mereka, turut serta dalam kegiatan ini.

Dalam amanatnya, Kapolres AKBP Jarot Sungkowo menyoroti tingginya kasus kekerasan dan kejahatan yang melibatkan anak-anak, baik sebagai korban maupun pelaku. 

Ia menekankan pentingnya peran siswa yang hadir sebagai pionir dalam mencegah aksi kekerasan antar siswa, termasuk bullying dan tindakan kekerasan lainnya. 

"Sebagai Petugas Patroli Keamanan Sekolah (PKS), diharapkan mampu menjadi kader di masing-masing sekolah untuk membantu pencegahan aksi perundungan atau bullying, mencegah aksi tawuran antar pelajar, atau tindak kekerasan maupun kejahatan lainnya, tidak hanya jadi contoh di lingkungan sekolah tapi juga di lingkungan masyarakat," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Wonogiri menyematkan pin kepada para siswa perwakilan PKS.

Kapolres juga memberikan buku saku yang berisi informasi mengenai jenis-jenis bullying, cara mengatasi dan menanganinya, serta upaya preemtif, preventif, dan penegakan hukum terkait bullying. 

Buku ini diharapkan menjadi panduan praktis bagi para siswa untuk memahami dan mengatasi masalah bullying di lingkungan sekolah.

Acara ini juga ditandai dengan pembacaan ikrar anggota PKS yang diikuti oleh seluruh peserta apel. 

Ikrar tersebut menegaskan komitmen para siswa untuk menjadi agen perubahan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan bebas dari bullying. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pelajar dapat menjadi duta zero bullying yang mempromosikan kedamaian dan ketertiban, baik di sekolah maupun di masyarakat.

Kapolres berharap bahwa melalui Apel Besar Patroli PKS dan Launching Jateng Zero Bullying ini, pelajar dapat menjadi lebih tertib dan patuh terhadap hukum, terutama dalam berlalu lintas. 

"Jadilah pelajar yang tertib berlalu lintas dan mempunyai budi pekerti yang luhur," ucapnya. 

Dengan inisiatif ini, diharapkan lingkungan sekolah di Kabupaten Wonogiri dapat menjadi lebih aman dan nyaman bagi semua pelajar, serta menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya memerangi bullying. 

Kegiatan ini menandai langkah penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan aman. 

Dengan keterlibatan aktif dari siswa, guru, dan pihak kepolisian, diharapkan program Jateng Zero Bullying dapat menjadi gerakan yang berkelanjutan dan memberi dampak positif bagi generasi muda di Indonesia. //Rad

Type above and press Enter to search.