TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Melihat Sejarah Polri dari Dekat Melalui Museum Akpol di Semarang

Patung Presiden Soekarno bersama Kapolri pertama menghias salah satu sudut Museum Akpol 

WARTAJOGLO, Semarang - Akademi Kepolisian (Akpol) di Kota Semarang, Jawa Tengah, memiliki sebuah lokasi menarik yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum, yaitu Museum Akpol. 

Museum ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat lebih dekat seluk-beluk kehidupan di Akpol dan sejarah kepolisian Indonesia.

Lokasi Museum Akpol sangat strategis, tidak jauh dari pos penjagaan di gerbang masuk. Bangunan modern dengan halaman luas di sisi kanan jalan menyambut pengunjung dengan suasana yang megah. 

Museum ini bisa dikunjungi secara gratis, namun biasanya membutuhkan surat izin terutama untuk kunjungan grup.

Museum Akpol diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si pada 24 Februari 2023. 

Kemudian, museum ini dihibahkan oleh Kapusjarah Polri Brigadir Jenderal Polisi Hari Nugroho S.I.K kepada Gubernur Akpol saat itu, Inspektur Jenderal Polisi Drs. Suroto, M.Si pada 9 Maret 2023.

Di dalam Museum Akpol, pengunjung bisa melihat sejarah awal mula kepolisian sejak zaman Hindia Belanda. 

Bahkan, terdapat diorama yang menggambarkan cikal bakal polisi pada zaman kerajaan Majapahit lengkap dengan senjatanya berupa tombak. 

Beberapa properti asli polisi dari masa lampau juga dipajang, seperti tombak, borgol, pistol, senapan, hingga katana.

Seragam-seragam polisi dari berbagai era juga dipamerkan dengan dipakaikan pada patung lilin yang sangat mirip dengan manusia asli. 

Salah satu atraksi menarik adalah patung lilin yang menggambarkan momen bersejarah saat Presiden Soekarno menyerahkan panji Polri kepada Kapolri pertama, Komisaris Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo.

Pengunjung juga bisa mempelajari sejarah berdirinya Akpol serta melihat replika barak para taruna, lengkap dengan meja, lemari, tempat tidur, kursi, dan tata cara menata pakaian yang harus rapi. 

Museum Akpol juga memberikan edukasi tentang marching band Akpol dengan menampilkan alat musik dan peralatan yang digunakan. 

Menariknya, di depan alat musik yang dipajang terdapat tombol yang jika ditekan akan memutar suara dari lagu yang dimainkan berdasarkan alat musik yang dipilih. 

Selain itu, ada penjelasan tentang tahapan taruna, peraturan taruna, dan jenis pelanggaran disiplin.

Satu lokasi di museum ini digunakan untuk mengenang Taruna bernama Inspektur Dua Adi Sanata Putra yang gugur saat berusaha menyelamatkan warga yang terhempas Tsunami Aceh pada 26 Desember 2004.

Gubernur Akpol, Irjen Pol Krisno H. Siregar, S.I.K., M.H., menyatakan bahwa museum ini menjadi salah satu media edukasi bagi generasi muda, termasuk di Akpol. 

"Semua harus tahu sejarah. Di negara lain juga museum menjadi fasilitas yang harus ada," kata Krisno saat berbincang tentang museum ini. 

Dia berharap dengan adanya Museum Akpol, generasi muda dan masyarakat umum dapat belajar dan melihat bahwa Akpol adalah lokasi yang menarik. 

Banyak siswa yang telah mengajukan kunjungan grup ke Akpol. "Jadi ada tur juga, diawali dengan museum. Kemudian melihat fasilitas lainnya termasuk marching band sembari diberikan penjelasan," jelas Krisno.

Kompleks Akpol memang sangat menarik dan asri, dengan banyak hewan-hewan yang berkeliaran. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat rusa yang sedang menyeberang. Kebersihan lingkungan Akpol juga sangat diperhatikan.

Saat ini, Akpol sedang menggelar Seleksi Calon Taruna dan Taruni Akpol tingkat panitia pusat tahun anggaran 2024. 

Sebanyak 492 peserta mengikuti seleksi hingga Senin 29 JUli 2024 dengan agenda Sidang Kelulusan Akhir Tingkat Panitia Pusat Seleksi Akpol.

Museum Akpol bukan hanya menjadi tempat penyimpanan sejarah, tetapi juga menjadi jendela bagi masyarakat untuk memahami dan menghargai perjalanan panjang kepolisian di Indonesia. 

Dengan beragam koleksi dan informasi yang disajikan, museum ini diharapkan dapat menjadi destinasi edukatif yang menarik bagi semua kalangan. //Hum

Type above and press Enter to search.