TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Malam Tirakatan Dies Natalis UTP ke-44, Antara Refleksi Sejarah hingga Harapan menjadi Institusi Unggul

Suasana malam tirakatan jelang puncak Dies Natalis ke-44 UTP

WARTAJOGLO, Solo - Sehari jelang puncak Dies Natalis ke-44, Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta menggelar acara malam tirakatan pada Selasa 16 Juli 2024.

Acara ini berlangsung di halaman Kampus 1 UTP yang berlokasi di Jl. Balekambang Lor, No.1, Manahan Solo. 

Dies Natalis tahun ini UTP mengangkat tema "Semangat Patriotisme, Kepeloporan, dan Kemandirian".

Melalui tema tersebut UTP siap mewujudkan generasi unggul yang berkontribusi pada dunia usaha dan industrialisasi.

Acara malam tirakatan ini dihadiri oleh para wakil rektor dan civitas akademika UTP. Sayangnya, Rektor UTP Prof. Winarti tidak dapat hadir karena sedang menjadi pembicara di seminar nasional di Jakarta. 

Namun, melalui Dr. Soelistijono selaku ketua Dies Natalis, Prof. Winarti menyampaikan pesan bahwa malam tirakatan merupakan agenda wajib yang selalu digelar menjelang puncak Dies Natalis.

"Malam tirakatan ini adalah malam yang bersejarah. Di mana kita merenungkan kembali masa-masa lahirnya UTP, yang saat itu didirikan oleh para pejuang Tentara Pelajar. Dalam acara ini, kita akan melakukan refleksi serta doa bersama agar UTP senantiasa berada dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa," ujar Soelistijono.

Melanjutkan pesan Prof. Winarti, Soelistijono juga menekankan bahwa 44 tahun bukanlah waktu yang singkat, sehingga pelajaran dari perjalanan institusi ini harus terus menjadi inspirasi untuk melangkah ke depan. 

"Banyaknya tantangan dan tuntutan perubahan yang semakin maju mendorong kita semua untuk terus berinovasi dan berkolaborasi. Saya tentu memiliki harapan, UTP harus menjadi lembaga yang terus dipercaya oleh publik dengan cara mendidik dengan ketulusan untuk melahirkan tunas muda pembangun bangsa yang unggul," ungkapnya.

Rangkaian Dies Natalis UTP sendiri sudah berlangsung sejak Januari 2024 dengan berbagai macam kegiatan. 

Ada sayembara, UTP Goes To School, UTP Green School, UTP Engineering Week, Ziarah, International Conference, hingga Pagelaran Wayang Kulit. 

Untuk International Conference, rencananya akan menghadirkan pembicara dari Amerika Serikat serta Filipina, selain beberapa pembicara lokal dan dari internal UTP.

"International Conference ini kita harapkan bisa jadi agenda rutin dari UTP, sebagai bagian dari upaya internasionalisasi UTP, untuk menjadi institusi yang unggul," jelas Dr. Teguh Santosa, selaku Wakil Rektor 2, di sela-sela acara malam tirakatan. //Sik

Type above and press Enter to search.