TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Gelar Latpraops Patuh Candi 2024, Polres Wonogiri Pastikan Kesiapan Personel

Polres Wonogiri menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Patuh Candi 2024

WARTAJOGLO, Wonogiri - Polres Wonogiri menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Patuh Candi 2024 pada Jumat, 12 Juli 2024. 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Sanika Satyawada Polres Wonogiri ini diikuti oleh para Kasatgas beserta seluruh personel yang terlibat dalam operasi tersebut.

Kabag Ops Polres Wonogiri, Kompol Agus Syamsudin, S.H., memimpin langsung jalannya Latpraops. 

Dalam arahannya, Kompol Agus menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kesiapan serta sarana untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak sebelum operasi resmi digelar. 

“Operasi patuh ini sudah rutin kita laksanakan. Fokus kita adalah bagaimana upaya dan langkah untuk menciptakan Kamseltibcarlantas yang kondusif guna mencegah fatalitas kecelakaan lalulintas," ucapnya.

Namun, Kompol Agus meminta agar kegiatan tersebut tidak hanya menjadi rutinitas seperti hari-hari biasa. 

Harus ada perbedaan agar target dan tujuan dari Operasi Patuh ini dapat tercapai dengan maksimal. 

Operasi Patuh Candi 2024 ini adalah operasi kewilayahan yang mengedepankan upaya edukasi dan persuasif yang humanis, didukung penegakan hukum dengan sistem ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Petugas yang tergabung dalam Satgas Preemtif diharapkan lebih kreatif dalam melakukan sosialisasi. Tidak hanya melalui ceramah, tetapi juga memanfaatkan teknologi yang ada. 

Materi yang disampaikan dapat berupa konten audio visual sehingga lebih variatif, interaktif, dan menarik agar pesan yang disampaikan lebih mudah diterima. 

Sedangkan penindakan akan mengutamakan penggunaan ETLE serta teguran simpatik. 

“Saya minta semua serius dan laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkasnya.

Operasi Patuh Candi 2024 akan digelar selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 15 sampai dengan 28 Juli 2024. 

Dalam operasi ini, Polres Wonogiri melibatkan sedikitnya 48 personel yang terbagi dalam beberapa satuan tugas atau Satgas, antara lain Satgas Deteksi, Preemtif, Preventif, Gakkum, Humas, dan Banops.

Target prioritas Operasi Patuh Candi 2024 antara lain pelanggaran yang berpotensi menimbulkan fatalitas kecelakaan lalu lintas. 

Di antaranya seperti penggunaan helm tidak SNI, melawan arus, penggunaan HP saat berkendara, berkendara di bawah pengaruh alkohol maupun narkoba, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur, kendaraan tidak sesuai spesifikasi teknis, dan balap liar.

Dengan dilaksanakan Latpraops ini, Polres Wonogiri berharap dapat menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan kondusif serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas. //Hum

Type above and press Enter to search.