TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

Catat Kinerja Memuaskan pada Semester Pertama 2024, Indosat Raup Laba hingga Rp 2,7 Triliun

Vikram Sinha, President Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison / IOH (dua dari kiri) bersama Nicky Lee, Director & Chief Financial Officer IOH (dua dari kanan) dan M. Danny Buldansyah selaku Director & Chief Business Officer IOH (paling kanan) dalam media update online terkait kinerja Indosat 1H-2024

WARTAJOGLO, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH, IDX: ISAT) melaporkan kinerja yang solid untuk paruh pertama tahun 2024 (1H-2024). 

Operator seluler ini berhasil meraih laba bersih sebesar Rp 2,7 triliun, dengan pertumbuhan EBITDA dan jumlah pelanggan yang signifikan. 

Pada periode ini, Indosat mencatatkan peningkatan pendapatan total sebesar 13,4% year-on-year (YoY) menjadi Rp 27,9 triliun.

Pertumbuhan pendapatan ini sejalan dengan peningkatan EBITDA sebesar 17,8% YoY, mencapai Rp 13,4 triliun, dengan margin EBITDA sebesar 47,9%. 

Ini menunjukkan kemampuan perusahaan dalam mengkonversi pendapatan menjadi keuntungan secara efisien. 

Laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk juga meningkat 43,3% YoY, mencapai Rp 2,7 triliun, memperlihatkan tren positif yang terus berlanjut selama lebih dari tiga tahun terakhir.

“Hasil yang kami catatkan di paruh pertama tahun 2024 membuktikan strategi cermat kami dalam mendorong kemajuan perusahaan. Kinerja luar biasa ini mencerminkan dedikasi kami untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan sekaligus memberdayakan ekonomi digital Indonesia,” tutur Vikram Sinha, President Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison pada Selasa 30 Juli 2024.

Jumlah pelanggan Indosat mengalami peningkatan signifikan dengan penambahan 900 ribu pelanggan baru selama paruh pertama tahun 2024. 

Dari angka 100 juta pelanggan pada semester pertama tahun 2023, kini jumlah pelanggan mencapai 100,9 juta. 

Pertumbuhan pelanggan ini turut berkontribusi pada peningkatan lalu lintas data sebesar 13,4% YoY menjadi 7.965 Petabyte (PB).

Indosat terus melakukan investasi strategis untuk meningkatkan infrastruktur jaringannya. Belanja modal (Capex) pada 1H2024 mencapai Rp 4,5 triliun, dengan sekitar 89,8% dialokasikan untuk layanan seluler guna mendukung pertumbuhan layanan data, sementara sisanya dialokasikan untuk MIDI dan TI. 

Dari segi infrastruktur, Indosat telah membangun sekitar 188 ribu base transceiver station (BTS) 4G, dengan penambahan sekitar 22 ribu BTS 4G selama paruh pertama tahun 2024. 

Selain itu, perusahaan juga menyebar 103 BTS 5G, menegaskan komitmennya dalam memperkuat infrastruktur jaringan.

Indosat menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan global untuk mempercepat transformasi menjadi perusahaan teknologi berbasis AI (AI Native TechCo). 

Salah satu kolaborasi penting adalah dengan Mastercard dalam mendirikan Pusat Keunggulan Keamanan Siber Indosat-Mastercard. 

Fokusnya adalah pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, inovasi dalam keamanan siber, serta kolaborasi industri untuk mendeteksi dan mengurangi penipuan. 

Selain itu, Indosat juga memperkuat kemitraannya dengan Google Cloud untuk mempercepat transformasi digital perusahaan.

“Kemitraan strategis kami dan investasi dalam AI dan keamanan siber adalah kunci untuk memastikan kami tetap di garis depan kemajuan teknologi, memberikan nilai yang tak tertandingi kepada pelanggan dan pemangku kepentingan kami,” ungkap Vikram.

Indosat berkomitmen untuk memperluas jangkauan layanan ke wilayah perdesaan dan terpencil, termasuk Indonesia Timur. 

Indosat Circle Kalimantan Sulawesi Maluku dan Papua (Kalisumapa) mencatat peningkatan jumlah situs sebesar 18% YoY pada semester pertama 2024, dengan peningkatan signifikan di Region Manado Maluku dan Papua (MAPA) sebesar 173% YoY. 

Ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam memajukan akses dan inklusi digital di seluruh Indonesia.

Menjelang akhir tahun 2024, Indosat berencana untuk terus meningkatkan kapasitas jaringan terutama di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua, sebagai bagian dari tujuan besar perusahaan untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia. 

Dengan hasil kinerja yang memuaskan ini, Indosat optimis dapat terus memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional. //Sik

Type above and press Enter to search.