TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Headline News

60 Tahun ISI Surakarta, Bertransformasi dengan Penguatan Lembaga dan Capaian Prestasi

Rektor ISI Surakarta membacakan petunjuk dari pemerintah pusat

WARTAJOGLO, Solo - Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Solo) menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-60 Tahun 2023 di Pendhapa GPH Djoyokusumo, Senin 15 Juli 2024. 

Dies Natalis ke-60 ISI Surakarta Tahun 2024 ini mengambil tema “60 Tahun ISI Solo: Transformasi dan Jati Diri untuk Kejayaan Negeri”.

Rektor ISI Surakarta, Dr. I Nyoman Sukerna, S. Kar., M. Hum, menyatakan bahwa 60 tahun adalah perayaan tentang komunitas. 

ISI Solo telah menjadi rumah bagi banyak seniman, pendidik, mahasiswa, dan alumni. Ini adalah kesempatan untuk merayakan orang-orang yang telah membantu membentuk ISI Solo menjadi seperti sekarang.

Pada Dies Natalis yang ke-60 ini, ISI Surakarta mendapat kehormatan karena sesepuh sekaligus alumni pertama ISI Surakarta, yang kini menjadi Guru Besar di Wesleyan University, Amerika Serikat.

 Profesor Dr. Sumarsam, menyampaikan pidato ilmiahnya berjudul “Keragaman dan Paradigma Berkesenian”. 

Prof. Sumarsam, yang merupakan alumni ASKI Surakarta (sekarang ISI Surakarta), telah mengembara jauh dan kembali ke almamater untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Di bidang kemahasiswaan, berbagai prestasi telah diukir oleh mahasiswa, dari tingkat nasional hingga internasional, baik di bidang akademik maupun non-akademik. 

ISI Surakarta saat ini sedang bertransformasi dari Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (Satker) menjadi Perguruan Tinggi Negeri, yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU). 

Transformasi ini terus diiringi dengan penguatan kelembagaan dan berbagai capaian prestasi.

Tercatat 10 mahasiswa berprestasi di tingkat internasional dan 25 mahasiswa berprestasi di tingkat nasional. Prestasi tersebut meliputi berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik.

Beberapa prestasi mahasiswa ISI Surakarta antara lain:

  1. 1. Mahasiswi angkatan 2023 meraih 10 medali di ajang Language Olympiad Festival Volume 3 Tingkat Nasional.
  2. 2. Juara I kategori Tanding Tunggal Tangan Kosong dan Juara I kategori Tanding Kelas E Putra dalam Bandung Lautan Api International Championship #4 Tahun 2023.
  3. 3. Mahasiswa Program Studi Teater meraih Juara I dalam Lomba Baca Puisi Tingkat Nasional dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila.
  4. 4. Juara I Divisi Video Digital Pendidikan dalam Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2024.
  5. 5. Peraih Medali Emas tingkat nasional sebagai sutradara, penulis naskah, dan penata musik dalam OlympicAD VII 2024 Kategori Film Indie.
  6. 6. Sebagai Dancer di TIFA tingkat nasional Java In Paris.
  7. 7. Sebagai Nominator Film Dokumenter Pendek Piala Citra tingkat nasional dalam Festival Film Indonesia.
  8. 8. Peserta Camden International Film Festival dalam ajang Fellowship American Show Case tingkat internasional.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) juga turut memperkaya khazanah budaya mahasiswa dengan mengajak mereka belajar di perguruan tinggi terbaik di seluruh Indonesia. 

Terdapat enam mahasiswa ISI Surakarta yang lolos dalam Program PMM Batch 4 Kemendikbudristek.

Penerimaan mahasiswa baru ISI Surakarta dari tahun ke tahun semakin meningkat. Setelah penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, saat ini sedang berlangsung penerimaan melalui jalur Mandiri dengan pengumuman di akhir Juli 2024. 

Program Studi Senjata Tradisional Keris melakukan terobosan melalui jalur khusus, yaitu jalur Prestasi.

ISI Surakarta pada Tahun Akademik 2023/2024 memiliki 5.603 mahasiswa, 227 dosen, dan 158 tenaga kependidikan. 

ISI Surakarta juga mengembangkan inovasi berbasis kekayaan intelektual melalui Sentra Kekayaan Intelektual LP2MP3M dan telah membangun sinergi antar lembaga.

Pada tahun 2024, ISI Surakarta telah mengimplementasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan berhasil mendapatkan predikat A. 

Penilaian ini menunjukkan kinerja yang memuaskan, perubahan yang dipimpin, berkinerja tinggi, dan sangat akuntabel.

ISI Surakarta juga menginisiasi kolaborasi melalui pengembangan Laboratorium Sosial Perfilman di Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. 

Laboratorium ini menjadi arena kolaborasi berbagai keilmuan seni dan pendukungnya, serta institusi seni dan unsur pentahelix lainnya.

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, ISI Surakarta mengelola SDM secara transparan dan akuntabel berbasis sistem merit.  

Pengelolaan ini meliputi penyusunan rencana kebutuhan SDM, sistem seleksi, perekrutan berbasis kompetensi, dan pemetaan untuk pengembangan SDM.

Dalam bidang organisasi, ISI Surakarta telah menyusun SOTK baru yang disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. 

OTK baru ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 15 Tahun 2024.

Usia 60 tahun adalah usia yang sangat matang, dan ISI Surakarta telah melakukan terobosan menuju institut pembelajaran termasyhur di bidang seni tingkat regional. 

Di antaranya, dengan menjadikan kampus ramah bagi penyandang disabilitas dan sebagai pusat studi layanan disabilitas.

Pencapaian ISI Surakarta tidak lepas dari peran seluruh sivitas akademika dan kolaborasi dengan para stakeholder. //Sik

Type above and press Enter to search.